Pansus LKPj DPRD Kota Batam Sampaikan Sejumlah Rekomendasi Penting

Rapat Paripurna LKPj Walikota Batam 2020 (F: Dok)

 

PANITIA Khusus (Pansus) pembahasan terhadap Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Batam Akhir Tahun Anggaran 2020 memberikan beberapa rekomendasi penting. Mulai dari rekomendasi terkait peningkatan pelayanan, peningkatan sumber daya manusia (SDM) hingga mengusulkan digantinya Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Batam secara online di ruang sidang utama DPRD Kota Batam, Kamis (11/6/2020) pagi.

Laporan Pansus yang dibacakan oleh Muhammad Mustofa, SH tersebut merinci beberapa rekomendasi untuk dinas-dinas yang ada di Pemerintah Kota Batam.

Diantaranya di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Disini, Pansus merekomendasikan agar Wali Kota Batam bisa memperhatikan penguatan dan pengembangan SDM di OPD yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan SDM ini.

“OPD ini sangat bertanggung jawab atas manajeman SDM di Pemerintah Kota Batam sehingga diperlukan peningkatan, sehingga bisa lebih optimal dan maksimal,” jelasnya.

Selain itu, di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpatu Satu Pintu Pansus mengusulkan adanya perhatian serius di OPD yang menarik investor ini. Khususnya dalam sisi standar pelayanan yang harus lebih baik dibandingkan daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Di sisi Perhubungan, Pansus pembahasan terhadap LKPJ Wali Kota Batam Akhir Tahun Anggaran 2020 juga menyoroti masih banyaknya ditemukan masalah-masalah di Dinas Perhubungan Kota Batam ini. Diantaranya kondisi kemacetaan yang kerap terjadi di beberapa titik di kota Batam.

serta pengelolaan perparkiran yang dipandang masih sangat bermasalah, begitu juga terkait retribusi paarkir yang tidak pernah tercapai. Untuk itu, perlu adanya upaya kongkrit dari Pemrintah Kota Batam dengan membuat sistem perparkiran yang baik dan modern.

“Hal ini pun menandakan di Dinas Perhubungan Kota Batam tidak memiliki solusi atas permasalahan yang ada. Untuk itu, Pansus merekomendasikan agar Kepala Dinas Perhubungan untuk diganti,” terangnya.

Di bidang pendidikan, Pansus juga memandang permasalahan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Batam kiranya masih menjadi permasalahan yang selalu sama dan kerap menjadi keluhan para orangtua dan wali murid setiap tahunnya.

“Kami merekomendasikan agar Wali Kota Batam agar memberikan perhatian yang serius atas berbagai permasalahan yang terkait pendidikan di Batam. Dan meminta agar ke depannya permaslahan ini bisa semakin jelas dan terukur untuk bisa diselesaikan,” jelasnya. humas/idn

Be the first to comment on "Pansus LKPj DPRD Kota Batam Sampaikan Sejumlah Rekomendasi Penting"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*